Monday, April 18, 2016

CeritaSeru. — Harga cabai rawit di Kota Semarang dan sekitarnya, Jawa Tengah, Senin (14/3/2016), turun Rp 5.000 per kilogram. Jika sebelumnya harga cabai rawit mencapai Rp 60.000 per kilogram, kini harga dengan takaran yang sama sebesar Rp 55.000 per kilogram.

Pedagang di Pasar Johar, Semarang, Jumiati (52), menjelaskan, kenaikan harga cabai rawit sebelumnya juga mengurangi jumlah pasokan. Biasanya pemasok mengirim cabai rawit lebih kurang 40 kilogram. Kini, gara-gara harga naik, mereka hanya mengirim 15 kilogram.
"Saat ini, harga cabai rawit agak turun, di posisi Rp 55.000 per kilogram. Di samping cabai rawit merah, kami punya stok cabai rawit hijau atau masih muda dengan harga lebih murah," ujar Jumiati yang selalu memasok cabai rawit ke beberapa pedagang sayuran di Pasar Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.
Di Pasar Mranggen, Demak, pedagang sayuran, Murti, mengatakan, turunnya harga cabai setelah adanya pasokan cabai rawit hijau. Cabai hijau itu sebenarnya cabai yang belum siap masak, tetapi sudah dipanen oleh petani pemilik. Cabai rawit hijau dijual sekitar Rp 24.000 per kilogram. Padahal, biasanya harga cabai muda ini kurang dari Rp 20.000 per kilogram.
Murti menuturkan, sejak harga cabai rawit naik di atas Rp 50.000 per kilogram, dirinya tidak lagi membeli cabai dari Pasar Johar. Dia mengambil cabai rawit yang dipanen petani di Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan.
"Banyak petani memanen tanaman cabai lebih awal, memanfaatkan momentum mahalnya cabai. Cabai hijau dengan harga jual di tingkat petani hanya Rp 20.000 per kilogram," ujar Murti.
Beberapa ibu rumah tangga di Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, juga mulai lebih memilih membeli cabai rawit hijau untuk bahan masak di rumah. Setelah harga cabai rawit merah melonjak, murahnya harga cabai rawit hijau seperti menjadi alternatif.
"Saya membeli cabai rawit hijau ternyata murah, hanya Rp 6.000 per seperempat kilogram. Meski warnanya hijau, ternyata pedas juga kalau jadi buat sambal mentah," ujar Ny Suparno di Perumahan Kedungmundu, Tembalang, Kota Semarang. Bandarq.

0 comments:

Post a Comment


Image and video hosting by TinyPic

BTemplates.com

Powered by Blogger.

Search (Don't Edit)

Games BandarQ

Image and video hosting by TinyPic

POKER-BANDARQ-DOMINO-ADUQ-CAPSA

Image and video hosting by TinyPic

Popular Posts